Rajagukguk, Pahala BP (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DESAIN GRAFIS BERBASIS KECAKAPAN HIDUP BAGI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DI LKP CENTRAL COM KOTA GUNUNG SITOLI NIAS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8126122035 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 8126122035 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
3. NIM 8126122035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM 8126122035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 8126122035 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7. NIM 8126122035 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 8126122035 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 8126122035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM 8126122035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
14. NIM 8126122035 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP), dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pengembangan model Borg and Gall dan pengembangan bahan ajar merujuk pada Dick and Carey. Tahapan penelitian ini adalah tahapan analisis kebutuhan, tahap perancangan bahan ajar (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap ujicoba (validasi). Ujicoba dilakukan pada peserta didik LKP Central Com Kota Gunung Sitoli Nias. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Uji ahli materi pelajaran desain grafis corel draw berada pada kriteriasangat baik dan layak digunakan (87,50%), (2) Uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan (84,03%), (3) Uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan (97,61%), (4) uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (85,09%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik (92,16%), (6) Uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (87,89%), (7) Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis kecakapan hidup (PKH) pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) sangat efektif digunakan . Hal ini terlihat dari hasil penelitian, yaitu pada peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar ini, ditemukan bahwa skor hasil belajar dari 26 responden diperoleh skor terkecil 65 dan skor tertinggi 90, nilai rata-rata 76,54 dan standar deviasi 5,96. Pada peserta didik yang dibelajarkan dengan tidak menggunakan Buku Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup (PKH) pada lembaga kursus pelatihan (LKP), ditemukan bahwa skor hasil belajar dari 26 responden didapat skor terkecil 55 dan skor tertinggi 80, nilai rata-rara 67,89 dan standar deviasi 6,03. Dari hasil perhitungan dipeoleh thitung = 7,2202 sedangkan ttabel = 2,0105. Karena thitung = 7,2202 > t table = 2, 0105 sehingga ada perbedaan yang signifikan dalam presentasi antara peserta didik yang menggunakan Buku Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup (PKH) pada lembaga kursus pelatihan dengan yang tidak menggunakan Buku Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup (PKH) pada lembaga kursus pelatihan (LKP).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Raj p |
Keywords: | Hakikat belajar; Buku ajar; Media cetak; Desain grafis; Kecakapan hidup |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:31 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27259 |