Panggabean, Evi Diana (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS XI SMA SANTA MARIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171022 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8136171022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 8136171022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8136171022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 8136171022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 8136171022 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM. 8136171022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 8136171022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
12. NIM. 8136171022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
13. NIM. 8136171022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalahlebih baik dari pembelajaran langsung, (2) apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis lebih baik dari pembelajaran langsung, (3) kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaranberbasis masalah, (4) proses jawaban siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas paralel. Dari seluruh siswa kelas XI dipilih siswa sebanyak dua kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran langsung. Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP dan LAS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan pemecahan masalah, (2) tes kemampuan berpikir kreatif, (3) lembar aktivitas aktif siswa, Tes yang digunakan adalah berbentuk uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,819 dan 0,842.
Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan proses jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalahdalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =28,69 lebih besardari Ftabel= 4,01. (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis lebih baik dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =41,55 lebih besardari Ftabel= 4,01. (3)Kadar aktivitas aktif siswa selama penerapanmodel pembelajaran berbasis masalah memenuhi toleransi waktu idealdan (4) Proses jawaban siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalahlebih baik dari pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Pan p |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Berpikir kreatif matematis; Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:30 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27251 |