Rani, Baida (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP CERDAS MURNI TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4131111006 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2 NIM. 4131111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3 NIM. 4131111006 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4 NIM. 4131111006 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
5 NIM. 4131111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
6 NIM. 4131111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7 NIM. 4131111006 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8 NIM. 4131111006 TABLE.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
9 NIM. 4131111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
10 NIM. 4131111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
15 NIM. 4131111006 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Cerdas Murni Tembung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Cerdas Murni Tembung. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 69,83 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 62,278. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan = 0,05, diperoleh thitung = 1,743 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 1,743 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Cerdas Murni Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 130 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, MODEL PEMEBELAJARAN DISCOVERY LEARNING, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:37 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27231 |