Sipayung, Erty Sulistiana (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DIAJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH SMA NEGERI I PANOMBEIAN PANEI T.A2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.4131111012 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2.NIM.4131111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
3.NIM.4131111012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4.NIM.4131111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
5.NIM 4131111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6.NIM.4131111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7.NIM.4131111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8.NIM.4131111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9.NIM.4131111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
10.NIM.4131111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14.NIM.4131111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
15.NIM.4131111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa diajarkan melalui pembelajaran matematika realistik
berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswa diajarkan melalui
pembelajaran berbasis masalah Berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I
Panombeian Panei T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA
Negeri I Panombeian Panei yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan
siswa 362 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling
dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak, maka terpilih kelas X IPA-1
sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 33 orang dan kelas X IPA-2 sebagai
kelas eksperimen 2 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan
instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen tes tersebut
terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator
dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan
telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang
berbeda yaitu kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran matematika realistik
Berbantuan Autograph dan kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran berbasis
masalah Berbantuan Autograph diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1
sebesar 78,85 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 65,29. Hasil uji t
sepihak dengan dk = 65 dan = 0,05, diperoleh thitung = 4,2485 dan ttabel = 1,6691
sehingga thitung > ttabel yaitu 4,2485 1,6691 maka Ha diterima, dengan demikian
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
yang diajarkan dengan pembelajaran matematika realistik berbantuan Autograph
lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
berbasis masalah berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I Panombeian
Panei T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 144 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematik; pembelajaran matematika realistik; pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:32 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27223 |