Nurzariah, Emy (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS X SMAN 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4132111006 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2 NIM. 4132111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3 NIM. 4132111006 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4 NIM. 4132111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5 NIM. 4132111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6 NIM. 4132111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7 NIM. 4132111006 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8 NIM. 4132111006 TABLE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9 NIM. 4132111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10 NIM. 4132111006 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
14 NIM. 4132111006 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
15 NIM. 4132111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) pada materi eksponen dan logaritma di X SMAN 11 Medan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 11 Medan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen A dan kelas X IPA-1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian yang telah divalidasi oleh 3 orang ahli.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil postest siswa kelas eksperimen A adalah
dengan standar deviasi adalah
. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen B adalah
dengan standar deviasi adalah
. Dari hasil analisis data berupa uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F data postest hasil belajar kelas eksperimen A dan eksperimen B, diperoleh bahwa kedua kelas berdisitribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dalam SPSS, diperoleh bahwa
diterima dan
ditolak sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi Eksponen dan Logaritma di kelas X SMAN 11 Medan, dan analisa lembar jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen A memiliki kemampuan rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen B, pada hampir semua indikator pemahaman konsep matematis di setiap butir soal, kecuali pada indikator menunjukkan syarat perlu suatu konsep.
Disarankan bagi guru atau calon guru yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS atau NHT agar memperhatikan alokasi waktu yang ada agar seluruh tahapan-tahapan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik sehingga diperoleh hasil yang memuaskan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 164 |
Keywords: | NUMBERED HEADS TOGETHER, THINK PAIR SHARE, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:19 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27207 |