Marlina (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII MTS ALJAM'IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131111020 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 4131111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. 4131111020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. 4131111020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. 4131111020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. 4131111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. 4131111020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8. 4131111020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
9. 4131111020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
10. 4131111020 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14. 4131111020 BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
15. 4131111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kumon di kelas VIII MTs Aljam’iyatul Washliyah Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 MTs Aljam’iyatul Washliyah Tembung T.A. 2017/2018 yang berumlah 40 siswa.
Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu dilakukan observasi awal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari data hasil observasi diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar 13 dari 40 siswa dengan rata-rata kelas 59,81. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran dengan model kumon menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar 23 dari 40 siswa atau 57,5% dengan rata-rata kelas 68,87 . Hasil analisis data pada siklus II diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 33 dari 40 siswa atau 82,5% dengan rata-rata kelas 79,01. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 178 |
Keywords: | pembelajaran kumon, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:09 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27193 |