Sihombing, Agustina (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132111001 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 4132111001 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
3. NIM 4132111001 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
4. NIM 4132111001 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
5. NIM 4132111001 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6. NIM 4132111001 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7. NIM 4132111001 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8. NIM 4132111001 DAFTAR GAMBAR_doc.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
9. NIM 4132111001 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
10. NIM 41322111001 BAB I PENDAHULUAN_docx.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM 4132111001 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN_docx.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
15. NIM 4132111001 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis
masalah berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan Autograph.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siborongborong T.A 2017/2018 dan
sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 sebanyak 60
orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian (essay
test) sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian yang diberi
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran berbasis
masalah berbantuan Autograph dan kelas eksperimen 2 dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan Autograph
diperoleh skor rata-rata selisih posttest-pretest kelas eksperimen 1 sebesar 10,6
dengan simpangan baku 6,2012 dan skor rata-rata selisih posttest-pretest kelas
eksperimen 2 sebesar 7,5667 dengan simpangan 5,0697. Hasil uji-t sepihak
dengan dk = 58 dan = 0,05 diperoleh = 2,0742 dan = 1,6716
diperoleh > yaitu 2,0742 > 1,6716 maka H0 ditolak dengan demikian
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph
lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Group Investigation dengan berbantuan Autograph pada siswa SMPN 1
Siborongborong pada tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 189 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Group Investigation; Autograph; Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:02 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27182 |