Utami, Indira Putri (2017) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 19 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141032. COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM 4133141032. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM 4133141032. BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM 4133141032. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM 413314103. PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 4133141032. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 4133141032. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4133141032. TABELS.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4133141032. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10. NIM 4133141032. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 4133141032. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
15. NIM 4133141032. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan di Kelas X MIA SMA Negeri 19 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 19 Medan yang terdiri dari 6 Kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh sampel untuk kelas eksperimen (X MIA 3) sebanyak 28 orang dan untuk kelas kontrol (X MIA 4) sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal yang sudah divalidkan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan pretes kelas eksperimen (58,03) dan pretes kelas kontrol (56,83). Sedangkan hasil analisis data postes kelas eksperimen (85,53) dan postes kelas kontrol (76,83). Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapatkan perbandingan harga thitung dan ttabel diketahui bahwa thitung > ttabel (2,718 > 2,052) dengan α 0,05 dan t0.05(27) = 2,025. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan di kelas X MIA SMA Negeri 19 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 189 |
Keywords: | Media; Video Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 14:28 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27158 |