Napitu, Christian Adinata (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113331007 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4113331007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM 4113331007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM 4113331007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM 4113331007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 4113331007 TABLE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM 4113331007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
8. NIM 4113331007 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
9. NIM 4113331007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM 4113331007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 4113331007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan media Handout terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Swasta Teladan Pematang Siantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Teladan Pematang Siantar. Pengambilan sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 2 (dua) kelas dimana kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Handout, dan kelas kontrol diajarkan dengan konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabilitas 0,76 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel α yaitu 3,271>1,672 dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Ha diterima dengan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 0,62 (62%) dan peningkatan hasil belajar di kelas kontrol 0,54 (54 %), dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan media Handout lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model Konvensional di SMA Swasta Teladan Pematang Siantar pada pokok bahasan Hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 246 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Handout, Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 14:25 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27157 |