EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MEDIA ADOBE FLASH CS6 DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA

Siahaan, Sepdian Anggreani (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MEDIA ADOBE FLASH CS6 DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156176037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156176037 COVER.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156176037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156176037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156176037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156176037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156176037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156176037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156176037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156176037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156176037 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156176037 TABLE.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156176037 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156176037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156176037 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156176037 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156176037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156176037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156176037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156176037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156176037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156176037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran scientific inquiry melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model scientific inquiry dengan media adobe flash cs6 dan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains siswa, untuk menganalisis apakah keterampilan proses sains siswa dengan perilaku ilmiah kelompok atas lebih baik daripada siswa dengan sikap ilmiah yang kelompok bawah, untuk mengetahui interaksi model pembelajaran scientific inquiry dan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan postestest pretest dua kelompok. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas. Kelas X MIA4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan oleh model scientific inquiry dengan media adobe flash cs6 terdiri dari 34 siswa, kelas X MIA3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan uji esai keterampilan proses sains dan kuisioner sikap ilmiah. Data dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajar oleh model scientific inquiry dengan media adobe flash cs6 lebih baik daripada pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa dengan sikap ilmiah kelompok atas lebih baik daripada siswa dengan sikap ilmiah kelompok bawah, ada interaksi antara model penyelidikan ilmiah dengan media adobe flash cs6 dan pembelajaran konvensional dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sia e
Keywords: Model pembelajaran scientific inquiry; Adobe flash Cs6; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:21
Last Modified: 16 Nov 2017 09:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27148

Actions (login required)

View Item
View Item