Siahaan, Sepdian Anggreani (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MEDIA ADOBE FLASH CS6 DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156176037 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM 8156176037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3. NIM. 8156176037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4. NIM. 8156176037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM. 8156176037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 8156176037 TABLE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
7. NIM. 8156176037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
8. NIM. 8156176037 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
9. NIM. 8156176037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
13. NIM. 8156176037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM 8156176037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
Abstract
Model pembelajaran scientific inquiry melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model scientific inquiry dengan media adobe flash cs6 dan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains siswa, untuk menganalisis apakah keterampilan proses sains siswa dengan perilaku ilmiah kelompok atas lebih baik daripada siswa dengan sikap ilmiah yang kelompok bawah, untuk mengetahui interaksi model pembelajaran scientific inquiry dan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan postestest pretest dua kelompok. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas. Kelas X MIA4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan oleh model scientific inquiry dengan media adobe flash cs6 terdiri dari 34 siswa, kelas X MIA3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan uji esai keterampilan proses sains dan kuisioner sikap ilmiah. Data dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajar oleh model scientific inquiry dengan media adobe flash cs6 lebih baik daripada pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa dengan sikap ilmiah kelompok atas lebih baik daripada siswa dengan sikap ilmiah kelompok bawah, ada interaksi antara model penyelidikan ilmiah dengan media adobe flash cs6 dan pembelajaran konvensional dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sia e |
Keywords: | Model pembelajaran scientific inquiry; Adobe flash Cs6; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27148 |