Siregar, Khairunnisyah (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS LITERASI SAINS SMA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156174026 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 8156174026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM 8156174026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM 8156174026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 8156174026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 8156174026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 8156174026 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8156174026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 8156174026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
13. NIM 8156174026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM 8156174026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku penuntun praktikum biologi SMA berdasarkan literasi sains pada semester genap dan mengetahui effektivitas buku penuntun praktikum yang dikembangkan terhadap hasil belajar literasi sains siswa di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model Borg and Gall (1989). Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli literasi sains dan ahli desain media didapatkan hasil presentasi nilai secara berturut-turut adalah 91,5% (sangat baik), 86,48% (sangat baik), 89% (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum biologi SMA berbasis literasi sains yang dikembangkan terkategorikan sangat baik dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran praktikum. Untuk mengetahui effektivitas buku penuntun praktikum biologi berbasis literasi sains yang dikembangkan, dilakukan penelitian eksperimen semu di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI IPA dan sampel terdiri atas 6 kelas yaitu kelas XI IPA 1, 2, 3 (eksperimen), 5, 6, dan7 (kontrol). Materi yang diuji effektivitasnya sebanyak 3 materi yaitu sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem ekskresi. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai hasil belajar literasi sains siswa ketiga materi secara berturut-turut adalah thitung = (3,55) > ttabel (1,662), thitung = (6,2) > ttabel (1,664), thitung = (14,92) > ttabel (1,662) masing-masing pada level signifikansi 0,05. Kesimpulan yang didapat ialah Ha1, Ha2, Ha3 diterima dan H01, H02, H03 ditolak, maka hasil belajar literasi sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan buku penuntun praktikum biologi berbasis literasi sains lebih baik secara signifikan daripada kelas yang diajarkan dengan menggunakan buku penuntun praktikum konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sir p |
Keywords: | Penelitian pengembangan; Penuntun praktikum; Literasi sains; Sistem pencernaan; Sistem pernapasan; Sistem ekskresi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:20 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27142 |