Perwitasari, Dewi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172058 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8158172058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM. 8156172058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 8156172058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8156172058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. NIM. 8156172058 TABLES.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
7. NIM. 8156172058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
8. NIM. 8156172058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
12. NIM. 8156172058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 8158172058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, (2)kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, (3) efektivitas perangkat pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, (4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah, dan (5) peningkatan self-efficacy siswa melalui angket (6)Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Ujicoba I dilakukan pada siswa kelas VII-1 dan ujicoba II di kelas VII-2 SMP Negeri 23 Medan. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket respon siswa serta tes kemampuan komunikasi matematis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan (Buku Guru, Buku siswa dan LKS). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun konstruk. 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari : a) penilaian validator dan , b) keterlaksanaan perangkat pembelajaran. 3) perangkat yang dikembangkan telah memenuhi efektivitas proses pembelajaran, dimana: (a) persentase ketuntasan belajar siswa adalah 92,5% secara klasikal dari 40 orang siswa yang mengikuti tes dengan nilai minimal 2,67 (B-); (b) kadar aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi waktu ideal; dan (c) respon siswa terhadap proses pembelajaran sudah positif pada ujicoba I maupun ujicoba II; 4) terjadi peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada postes ujicoba I ke ujicoba II ; (5) terdapat peningkatan self-efficacy siswa yang diujikan melalui angket; dan (6) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari Uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Per p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah; Model Pengembangan Dick and Carey; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self-Efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27135 |