Surbakti, Roma Shintauli (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS VII SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192046 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM 8156192046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM 8156192046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 8156192046 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 8156192046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 8156192046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8156192046 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8156192046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156192046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM 8156192046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM 8156192046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar teks eksplanasi kompleks sekaligus menguji keefektifan produk yang dapat dimanfaatkan siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar sebagai salah satu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil validasi dari ahli materi dalam pengembangan bahan ajar teks eksplanasi kompleks untuk siswa menunjukkan bahwa kelayakan komponen bahan ajar dengan rata-rata 92,50 pada kriteria sangat baik dan kelayakan substansi materi dengan rata-rata 94,54 pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar teks eksplanasi kompleks berupa modul yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Hasil validasi dari ahli desain terhadap kelayakan desain dalam pengembangan bahan ajar berupa modul teks eksplanasi untuk siswa yang dikembangkan menunjukkan bahwa ukuran modul memiliki persentase rata-rata 100% pada kriteria sangat baik, desain sampul modul dengan rata-rata 88,89% pada kriteria sangat baik, dan desain isi modul dengan rata-rata 82,89% pada kriteria sangat baik. Hasil persentase rata-rata dari keseluruhan sub komponen penilaian kelayakan penyajian adalah 87,00% dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, kelayakan desain bahan ajar teks eksplansi kompleks berupa modul yang dikembangkan dapat dijadikan pola desain yang akan digunakan siswa. Hasil data yang diperoleh dari guru, menyatakan bahwa bahan ajar berupa modul teks eksplanasi untuk siswa kelas VII yang dikembangkan sesuai dengan penilaian indikator dalam pernyataan secara keseluruhan dengan rata-rata 90,81% pada kriteria “sangat baik”. Hal ini sesuai dengan dengan hasil penelitian Gagne (1979) yang menyatakan bahwa bahan ajar yang terbaik di dunia tidak akan memenuhi fungsi dan peranannya jika bahan ajar tidak disukai oleh seorang pengajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Sur p |
Keywords: | Modul pembelajaran; Model kontekstual; Teks eksplanasi kompleks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27133 |