Mangunsong, Irmayanti (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MTS NEGERI TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172030 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 8146172030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. NIM. 8146172030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 8146172030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8146172030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 8146172030 LITS OF TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 8146172030 LITS OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8146172030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
12. NIM. 8146172030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM. 8146172030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh bahan ajar berdasarkan pendekatan berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan berbasis masalah. Tahapan penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan instruksional model 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Desain uji coba pada penelitian ini menggunakan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas IX-1. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas VIII-1. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrument yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. (1) Rata-rata total validitas untuk RPP: 4,28; LAS:4,41; Buku guru:4,41;Buku siswa: 4,08.Tes hasil belajar:Valid, hasil validasi ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 4 ≤ Va < 5). (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil; lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,28, respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,06 dan 3,27. Hasil uji keterbacaan ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). (3) Efektifitas dilihat dari uji coba lapangan yaitu: ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru menggunakan perangkat pembelajaran dalam kategori baik (3,50-4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar dengan pendekatan berbasis masalah. (3) Untuk mengetahui peningkatan self efficacy siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Man p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Pendekatan berbasis masalah; Kemampuan penalaran matematis; Self efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27131 |