Nasution, Winda Suci Lestari (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN METAKOGNISI BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP KH. A DAHLAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171077 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 8156171077 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
3. NIM 8156171077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4. NIM 8156171077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM 8156171077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
6. NIM 8156171077 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7. NIM 8156171077 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 8156171077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
12. NIM. 8156171077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 8156171077 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Validitas perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 3) Efektivitas perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan Penalaran Matematis siswa SMP KH.A Dahlan Medan PM-BBB yang dikembangkan; 5) Peningkatan Kecerdasan Emosional siswa dengan menggunakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan; dan 6) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat PM-BBB dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan di kelas VII/C dan VIII/B SMP KH.A Dahlan Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PM-BBB yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,31, buku siswa = 4,30, LAS = 4,36; 2) Perangkat PM-BBB yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PM-BBB yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 4) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan; 5) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan perangkat PM-BBB yang dikembangkan; dan proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PM-BBB Penalaran matematis; Kecerdasan emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27120 |