Rahmatika, Ummu (2017) PEMETAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DI SMA NEGERI 1 BINJAI T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131141047 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM 4131141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. NIM 4131141047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4. NIM 4131141047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 4131141047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4131141047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
7. NIM 4131141047 TABLES.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
8. NIM 4131141047 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
9. NIM 4131141047 CAHPTER I.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. NIM 4131141047 CAHPTER V.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
14. NIM 4131141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis scientific approach, kegiatan belajar berdasarkan pembelajaran saintifik, aktivitas yang dominan dalam penerapan scientific approach, dan tahapan belajar saintifik yang merupakan masalah dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Binjai T.P.2016/2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel yang diambil berjumlah 2 orang guru biologi dan 114 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan, lembar observasi, angket siswa, dan pedoman wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pandekatan saintifik adalah sebesar 80% dengan interpretasi terlaksana cukup. Sementara aktivitas tahapan belajar mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan adalah sebesar 86%, 85%, 75%, 78%, 75% dengan rata-rata terlaksana cukup. Tahapan belajar saintifik yang dominan yaitu mengamati, dan tahapan belajar saintifik yang merupakan masalah dalam pembelajaran yaitu menanya, dan mengumpulkan informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 173 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik, aktivitas, pelaksanaan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:17 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27110 |