PEMETAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DI SMA NEGERI 1 BINJAI T.P.2016/2017

Rahmatika, Ummu (2017) PEMETAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DI SMA NEGERI 1 BINJAI T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4131141047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4131141047 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4131141047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4131141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4131141047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4131141047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4131141047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4131141047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131141047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4131141047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4131141047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4131141047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4131141047 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4131141047 TABLES.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4131141047 APPENDICE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4131141047 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4131141047 CAHPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4131141047 CAHPTER I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4131141047 CAHPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4131141047 CAHPTER V.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4131141047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4131141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis scientific approach, kegiatan belajar berdasarkan pembelajaran saintifik, aktivitas yang dominan dalam penerapan scientific approach, dan tahapan belajar saintifik yang merupakan masalah dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Binjai T.P.2016/2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel yang diambil berjumlah 2 orang guru biologi dan 114 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan, lembar observasi, angket siswa, dan pedoman wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pandekatan saintifik adalah sebesar 80% dengan interpretasi terlaksana cukup. Sementara aktivitas tahapan belajar mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan adalah sebesar 86%, 85%, 75%, 78%, 75% dengan rata-rata terlaksana cukup. Tahapan belajar saintifik yang dominan yaitu mengamati, dan tahapan belajar saintifik yang merupakan masalah dalam pembelajaran yaitu menanya, dan mengumpulkan informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 173
Keywords: Pendekatan Saintifik, aktivitas, pelaksanaan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:17
Last Modified: 14 Nov 2017 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27110

Actions (login required)

View Item
View Item