Malau, Ester Betaria (2017) KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341021 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 4133341021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3. NIM 4133341021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM 4133341021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM 4133341021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4133341021 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 4133341021 APPANDICE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4133341021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 4133341021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13. NIM 4133341021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 4133341021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakanmetode inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan demonstrasi. Keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan berhipotesis, merencanakan percobaan, menerapkan konsep, mengamati, menginterpretasi data, dan berkomunikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sunggal dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desaincontrol group posttest only design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Sampel penelitian meliputi kelas inkuiri terbimbing berjumlah 34 siswa dan kelas demonstrasi berjumlah 34 siswa. Analisis nilai keterampilan proses sains diperoleh thitung sebesar 9,33 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 yaitu sebesar 1,99 maka thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa di kelas inkuiri terbimbing dengan kelas demonstrasi pada materi sistem pernafasan manusia. Keterampilan proses sains yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu keterampilan berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 176 |
Keywords: | Metode Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates > QL461 Insects |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:17 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27107 |