Saragi, Foniman (2017) PENGARUH TEKNIK MENCATAT MIND MAP TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS XI IPA SMA N 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141025 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. NIM 4133141025 APROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM 4133141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM 4133141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 4133141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4133141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4133141025 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4133141025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4133141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM 4133141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 4133141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mencatat mind
map terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi sel dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad di kelas XI IPA SMA N 1
Labuhan Deli tahun pembelajaran 2017/2018
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two
group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa
kelas XI IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 30 orang dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah
30 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan berganda dengan jumlah 40 soal dan lembar observasi aktivitas. Sebelum
instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator dan juga
validasi konstruksi. Uji hipotesis menggunakan analisis varians (anava) satu jalur
dengan taraf α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas
eksperimen sebesar 23,83 dengan standar deviasi 7,86 dan nilai rata-rata kelas
kontrol sebesar 27,5 dengan standar deviasi 6,91. Nilai rata-rata postes kelas
eksperimen adalah sebesar 78,66 dengan standar deviasi 7,53 dan kelas kontrol
sebesar 75,83 dengan standar deviasi 7,66. Hasil analisis uji normalitas dan
homogenitas menujukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil
pengolahan data postes (anava) diperoleh bahwa Fhitung = 7,50 dan Ftabel = 1,82,
sehingga Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan
ada pengaruh yang signifikan teknik mencatat mind map terhadap hasil dan
aktivitas belajar siswa pada materi sel dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD di kelas XI IPA SMA N 1 Labuhan Deli tahun
pembelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 181 |
Keywords: | KOOPERATIF TIPE STAD , MIND MAP, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:15 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27102 |