Siahaan, Sumita (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MAKE A MATCH PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 19 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4132141024. COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. 4132141024. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. 4132141024. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4. 4132141024. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. 4132141024. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 4132141024. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. 4132141024. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. 4132141024. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. 4132141024. BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. 4132141024. BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. 4132141024. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Make A Match (MAM) pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MIA SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental). Sampel diambil secara random sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Alat pengumpul data berupa postes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata postes siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yaitu (82,28 ± 8,85) dan model pembelajaran Make A Match (MAM) (76,60 ± 11,14). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS dan MAM, dimana pembelajaran TPS lebih baik digunkan pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MIA SMA Negeri 19 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 185 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Model Pembelajaran Make A Match (MAM), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:14 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27099 |