Ariaswara, Kartika (2017) ANALISIS KESESUAIAN SOAL UJIAN SEMESTER DENGAN SKL SERTA TINGKAT KOGNITIF SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016 DAN SOAL UJIAN SEMESTER BUATAN GURU DI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4133341078 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2.NIM 4133341078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3.NIM 4133341078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4.NIM 4133341078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5.NIM 4133341078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6.NIM 4133341078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7.NIM 4133341078 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8.NIM 4133341078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9.NIM 4133341078 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
13.NIM 4133341078 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14.NIM 4133341078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian soal ujian semester dengan standar kompetensi lulusan, dan menganalisis kemunculan soal jenjang kognitif Bloom Revisi pada soal ujian semester dan soal ujian nasional. Subjek penelitian ini adalah kisi-kisi soal yang terdapat pada standar kompetensi lulusan, perangkat soal ujian nasional dan soal ujian semester. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, pembacaan, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal ujian semester kelas X, XI, XII di SMA Negeri 5 Medan telah sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan, dengan rincian kesesuaian soal ujian semester kelas X dengan standar kompetensi lulusan sebesar 70,0%, soal ujian semester kelas XI sebesar 97,8%, dan soal ujian semester kelas XII sebesar 92,5% . Rerata persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat rendah (Lower-order thinking skills) pada soal ujian semester cukup tinggi yaitu pada kelas X semester ganjil sebesar 92%, semester genap sebesar 80% dan kelas XI semester ganjil sebesar 55%, semester genap 84%, kelas XII semester ganjil sebesar 65%, semester genap sebesar 80%. Tingkat kognitif soal ujian nasional pada tahun 2013/2014 dan 2014/2015 masih berada pada keterampilan berpikir tingkat rendah (Lower-order thinking skills), sedangkan pada soal ujian nasional tahun 2015/2016 sudah berada pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher-order thinking skills). Oleh karena itu, kemunculan soal jenjang kognitif bloom revisi yang mengembangkan higher-order thinking skills pada soal ujian semester masih perlu di tingkatkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 192 |
Keywords: | Kisi-kisi, Soal Jenjang Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:13 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27097 |