Pandiangan, Vivi Sebestiani (2017) KINERJA GURU BIOLOGI BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141085 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 4133141085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM 4122141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 4133141085 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 4133141085 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4133141085 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4133141085 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4133141085 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM 4133141085 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM 4133141085 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 4133141085 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja guru bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah guru-guru biologi di SMA Negeri di Kota Medan yang sudah bersertifikat pendidik. Sampel penelitian adalah guru dan siswa di SMA N 9 Medan, SMA N 11 Medan, SMA N 12 Medan, SMA N 17 Medan, dan SMA N 21 Medan yang diambil dengan teknik purposive. Jumlah sampel penelitian adalah 13 orang guru dan 467 orang siswa. Data penelitian diambil dengan mengumpulkan RPP guru untuk perencanaan pembelajaran dan angket yang diberikan kepada guru dan siswa yang didukung dengan wawancara yang dilakukan terhadap guru dan siswa untuk pelaksanaan pembelajaran. Hasil belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar biologi kepada siswa secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru biologi bersertifikat pendidik dalam merencakan pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 92,48 ± 4,11 dan dalam melaksanakan pembelajaran dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 86,31 ± 4,66. Hasil belajar siswa yang diajar oleh guru bersertifikat pendidik dikategorikan baik dengan skor rata-rata 7,57 ± 0,43. Hasil korelasi menunjukkan (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara kinerja guru biologi bersertifikat pendidik dalam merencanakan pembelajaran dengan hasil belajar siswa; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru biologi bersertifikat pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dengan hasil belajar siswa; (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara kinerja guru biologi bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran (merencanakan dan melaksanakan pembelajaran) secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 203 |
Keywords: | GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK; HASIL BELAJAR SISWA; KINERJA GURU BIOLOGI; PROSES PEMBELAJARAN; PERENCANAAN; PELAKSANAAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:08 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27088 |