Lubis, Lando Abdul Azis (2017) PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP MATA KULIAH MICROTEACHING PADA PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131141024 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 4131141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
3. NIM 4131141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM 4131141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM 4131141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM 4131141024 TABLES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
7. NIM 4131141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM 4131141024 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM 4131141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM 4131141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 4131141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat persepsi mahasiswa Biologi Universitas Negeri Medan terhadap mata kuliah microteaching dan melihat kendala yang dialami mahasiswa dalam proses pelaksanaan mata kuliah microteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program pendidikan biologi angkatan 2013 yang telah lulus mata kuliah microteachingdan telah melaksanakan program pengalaman lapangan yang berjumlah 212 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 50 mahasiswa angkatan 2013 dengan tehnik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 35 butir soal. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata persepsi mahasiswa Biologi Universitas Negeri Medan tentang mata kuliah microteaching dikatagorikan baik digunakan dalam melaksanakan program pengalaman lapangan. Kendala mahasiswa mengikuti mata kuliah microteaching meliputi ruangan belajar (56,5%,) sarana LCD/Infocus (48,5%) dan kurang maksimal dalam mempraktekan 8 keterampilan mengajar (65,5%) dan dari aspek program pengalaman lapangan meliputi: aspek pihak sekolah mempersiapkan kelas khusus pada mahasiswa (PPL) (57,5%), guru pamong membimbing tugas guru (56,5%), guru pamong membimbing mahasiswa mengajar dikelas (64,5%), guru pamong membimbing mahasiswa dalam pembuatan media pelajaran (58,5%), guru pamong membimbing mahasiswa membimbing siswa (55%) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 222 |
Keywords: | PERSEPSI, MICROTEACHING, PPL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:59 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27072 |