Istiana (2009) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA. Masters thesis, UNIMED.
045020285 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
045020285 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
045020285 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
045020285 - Bab I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
045020285 - Bab V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
045020285 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (I) Pengaruh Metode Pemberian tugas kelompok dan tugas individu terhadap hasil belajar Psikologi Pendidikan (2) Pengaruh mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan yang memiliki kepercayaan diri rendah terhadap hasil belajar Psikologi Pendidikan (3) Apakah ada interaksi antara metode pemberian tugas dan kepercayaan diri mahasiswa terhadap basil belajar Psikologi Pendidikan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, dan sampel diambil dari 2 kelas secara cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan pada semester III tahun ajaran 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan Desain Factorial 2x2, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Varian dua jalur (ANAVA). Kepercayaan diri mahasiswa diukur dengan menggunakan angket kepercayaan diri. Tes hasil belajar Psikologi Pendidikan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 50 butir soal dan memiliki reliabilitas 0.832 menggunakan minus KR-20.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar Psikologi Pendidikan mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode kelompok. Hal ini ditunjukkan oleh Fh (15)9? Ft (3.96) pada taraf signifikan a = 0.05. Hasil belajar Psikologi Pendidikan mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih tinggi kepercayaan diri rendah, hal ini ditunjukkan oleh F hitung (4,74) > tabel (3.96) pada taraf signifikan a = 0.05, interaksi antara metode pemberian tugas dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar dimana nilai F h 69,23 > Ft (3.96) pada taraf signifikan = 5 %.Uji lanjut menggunakan uji scheffe yang membuktikan bahwa hasil belajar Psikologi Pendidikan dengan kepercayaan diri tinggi yang menggunakan metode pemberian tugas individu lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan metode pemberian tugas kelompok. Sedangkan mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri (tinggi atau rendah) tidak mempengaruhi hasil belajar mata kuliah Psikologi Pendidikan pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Ist p |
Keywords: | Kepercayaan Diri; Hasil Belajar; Mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 May 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2707 |