Pangaribuan, Juni Sarah (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI POKOK RUANG LINGKUP BIOLOGI SESUAI KEBUTUHAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA/MA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131141022. COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 4131141022. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM. 4131141022. BIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 4131141022. ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 4131141022. PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 4131141022. TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 4131141022. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 4131141022. TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 4131141022. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10. NIM. 4131141022. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM. 4131141022. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
15. NIM. 4131141022. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) biologi berbasis pendekatan ilmiah pada materi pokok Ruang Lingkup Biologi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 20 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan LKPD biologi berbasis pendekatan ilmiah dilakukan dengan menggunakan model 3D yaitu melalui tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis pendekatan ilmiah berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh skor 87% dan penilaian ahli pembelajaran diperoleh skor 89% masing-masing dengan kategori penilaian sangat baik, sedangkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 92% dengan kriteria penilaian sangat baik. LKPD biologi materi pokok Ruang Lingkup Biologi berbasis pendekatan ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria penilaian sangat baik dan telah memenuhi persyaratan kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi mandiri bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 232 |
Keywords: | Lembar Kegiatan Peserta Didik, Pendekatan Ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:52 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27063 |