Ramadhani, Uci (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KERJA SAMA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131141046 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. NIM. 4131141046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 4131141046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 4131141046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 4131141046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 4131141046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
7. NIM. 4131141046 TABLES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
8. NIM. 4131141046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
9. NIM. 4131141046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 4131141046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 4131141046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan sikap kerja sama siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make a Match dan Scramble pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi T.P.2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 324 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-IPA 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas Make a Match dan kelas XI-IPA 3 berjumlah 35 orang sebagai kelas Scramble. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda berjumlah 24 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu dan lembar observasi sikap kerja sama siswa.
Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan sikap kerja sama siswa digunakan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar dengan Make a Match adalah 92,52 dan yang diajar dengan Scramble adalah 89,22. Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ini dibuktikan melalui uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 69 diperoleh thitung > ttabel (2,42>1,99). Dari analisis data diketahui bahwa nilai sikap kerja sama siswa yang diajar dengan Make a Match adalah 70,31 dan yang diajar dengan Scramble adalah 66,37. Ada perbedaan yang signifikan terhadap sikap kerja sama siswa, ini dibuktikan melalui uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 69 diperoleh thitung > ttabel (2,20 > 1,99) maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan sikap kerja sama siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dan Scramble pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi T.P.2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 237 |
Keywords: | Make a Match, Scramble, Hasil Belajar, Sikap Kerja Sama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:50 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27058 |