Br. Pelawi, Albina Giovani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3133131002 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. 3133131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. 3133131002 ABSTRAK..pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. 3133131002 KATA PENGANTAR..pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 3133131002 DAFTAR ISI..pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 3133131002 DAFTAR TABEL..pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. 3133131002 DAFTAR GAMBAR..pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. 3133131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. 3133131002 BAB I..pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. 3133131002 BAB VI..pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
15. 3133131002 DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dan(2) peningkatan hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana alam di kelas X MIA-2 SMA Negeri 12 Medan T.A. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan kelas X MIA-2 T.A 2016/2017, Penelitian ini merupakan (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL untuk meningkatkan berfikir kritis dan hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi (dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai sikap, psikomotor dan berfikir kritis siswa) dan penilaian pengetahuan (dengan menggunakan pos tes dan LKK) yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pada siklus I, tingkat berfikir kritis siswa yang diperoleh hanya sebesar 64,8%, namun setelah adanya perbaikan proses pembelajaran pada siklus II terjadi perubahan menjadi 81,4%, hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 16,6% dari siklus I ke siklus II. (2) hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I, hanya sebesar 20,5% saja siswa yang dinyatakan tuntas, namun setelah adanya perbaikan di siklus II, terjadi perubahan nilai hasil belajar siswa menjadi 94,9% siswa dinyatakan tuntas. Hal ini menandakan terjadi peningkatan dari siklus I ke Siklus II sebesar 74,5%. Hal ini menujukkan bahwasannya, hipotesis tindakan penelitian tercapai, karena adanya peningkatan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 080 |
Keywords: | peningkatan berfikir kritis dan hasil belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV4005 Immigrants L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 11:18 |
Last Modified: | 13 Jun 2020 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27036 |