PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 107417 TANJUNGMORAWA TP.2016/2017

Nursiam (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 107417 TANJUNGMORAWA TP.2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 8156182036 Cover.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 8156182036 Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 8156182036 Lembar.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 8156182036 Lembar.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 8156182036 Abstrak.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 8156182036 Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 8156182036  Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 8156182036 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 8156182036  Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 8156182036 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 8156182036  Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 8156182036 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 8156182036  Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 8156182036 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 8156182036  Bab 1.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 8156182036 Bab 1.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 8156182036 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 8156182036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156182036  Bab 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156182036 Bab 5.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156182036  Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156182036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif dan hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar PKn siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107417 Tanjungmorawa TP. 2016/2017 terdiri 2 kelas dengan jumlah siswa 64 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas sampel yaitu kelas V-1 = 34 siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas V-2 = 34 siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dengan dan angket untuk interaksi sosial siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing adalah 82,97 dan model ekspositori adalah 79,00. (2) Hasil belajar PKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki intraksi sosial kompetitif. Nilai rata siswa memiliki interaksi sosial kooperatif adalah 83,77 dan memiliki interaksi sosial kompetitif adalah 79,26. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa. Hasil uji Anova AxB diketahui bahwa FBh=8,550 dan F0,05(1,68)= 3,980. Karena 8,550>3,980 maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan interaksi sosial dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Nur p
Keywords: Model Pembelajaran; Interaksi Sosial; Hasil Belajar
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:55
Last Modified: 09 Nov 2017 01:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26980

Actions (login required)

View Item
View Item