Simanjuntak, Maria (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL NONFIKSI HABIBIE DAN AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE DAN KEBERMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN BACAAN SASTRA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192017 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 8156192017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM 8156192017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 8156192017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 8156192017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 8156192017 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8156192017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8156192017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 8156192017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. NIM 8156192017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM 8156192017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel nonfiksi Habibie dan Ainun karya Bacharuddin Jusuf Habibie serta kebermanfaatannya sebagai bahan bacaan sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan cara deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan dengan kajian teks. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kebermanfaatan sebagai bahan bacaan yaitu dengan daftar wawancara. Narasumber dalam penelitian ini ada tiga orang guru bahasa Indonesia di SMA negeri 1 Pancur Batu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan delapan belas nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel nonfiksi Habibie dan Ainun karya Bacharuddin Jusuf Habibie, yakni nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Berdasarkan hasil wawancara dan pemberian angket kepada siswa, dapat dikatakan bahwa novel nonfiksi Habibie dan Ainun sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan bacaan sastra di SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 813.071 2 Sim n |
Keywords: | Character Education; Novel; Usefulness; Values |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26971 |