PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF CONCEPT SISWA MTS. SWASTA ULUMUDDIN

Zulfahmi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF CONCEPT SISWA MTS. SWASTA ULUMUDDIN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172053 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172053  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172053 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172053 TABLES.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172053 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156172053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156172053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripksikan: (1) validitas produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self concept siswa, (2) kepraktisan produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self concept siswa, (3) efektifitas produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self concept siswa, (4) peningkatan kemampuan spasial siswa dengan menggunakan perangkat yang telah di kembangkan berbasis model Van Hiele, (5) peningkatan kemampuan self concept siswa dengan menggunakan perangkat yang telah di kembangkan berbasis model Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari kubus dan balok. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Swasta Ulumuddin. Uji coba I di kelas VIII-2 dan uji coba II di kelas VIII-3 MTs Swasta Ulumuddin. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP dengan skor 4,50, Buku Siswa dengan skor 4,30, Buku Guru dengan skor 4,30, dan LAS dengan skor 4,40; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai 92,31% pada uji coba II, ketercapaian tujuan pembelajaran minimal 80%, dan lebih dari 80% siswa memberikan respon yang positif; (4) Rata-rata pencapaian kemampuan spasial siswa pada uji coba I sebesar 3,15 meningkat menjadi 3,51 pada uji coba II; dan (5) Rata-rata pencapaian self concept siswa pada uji coba I sebesar 3,03 meningkat menjadi 3,16 pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Zul p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model Van Hiele; Kemampuan spasial; Self concept
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:54
Last Modified: 01 Nov 2017 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26960

Actions (login required)

View Item
View Item