Hutagaol, Jibang P. (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8126171013 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2.NIM 8126171013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3.NIM 8126171013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4.NIM 8126171013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5.NIM 8126171013 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6.NIM 8126171013 TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7.NIM 8126171013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8.NIM 8126171013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
12.NIM 8126171013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
13.NIM 8126171013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Untuk mengetahui apakah produk pengembangan perangkat pembelajaran dan penilaian otentik dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Tipe TGT pada materi pokok kaidah pencacahan layak digunakan sebagai perencanaan bagi guru untuk mencapai suatu pembelajaran yang valid dan efektif, (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi siswa yang belajar dengan perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yang sudah dikembangkan, (3) Untuk mengetahui kadar aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yang sudah dikembangkan, (4) Untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran model TGT dengan daya dukung perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yag sudah dikembangkan, (5) Untuk mengetahui respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran kooperatif tipe TGT dan (6) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe TGT (pengembangan) dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan ekperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Brigjend Katamso 1 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas sebagai kelas uji coba pengembangan. Uji coba pengembangan dilakukan sebanyak dua kali untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang efektif. Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan efektif. Kemudian dipilih dua kelas uji coba yaitu kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,87 dan 0,89 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yang dikembangan sudah memenihi kriteria valid dan efektif, (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran TGT (pengembangan) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa . Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Hut p |
Keywords: | Temas games tournament; komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:48 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26945 |