Tambunan, Desi Silvyanna (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 4133331046 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
NIM 4133331046 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM 4133331046 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 4133331046 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
NIM 4133331046 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 4133331046 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
NIM 4133331046 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM 4133331046 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
NIM 4133331046 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM 4133331046 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
NIM 4133331046 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan media peta konsep dan animasi komputer terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yakni kelas eksperimen I diajarkan dengan model PBL menggunakan media peta konsep dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model PBL menggunakan media animasi komputer. Kedua kelas sampel diberikan pretest, angket motivasi awal, perlakuan, angket motivasi akhir, dan posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan instrumen non-tes dalam bentuk angket motivasi. Data peningkatan hasil belajar siswa dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen dimana hasil uji t-test dua pihak diperoleh thit = 2,65 di SMAN 1 Tarutung, thit = -3,32 di SMAS St. Maria Tarutung, thit = -5,68, sehingga Ha diterima yang berarti ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Data peningkatan motivasi belajar siswa dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen dimana hasil uji t-test dua pihak diperoleh thit = 2,58 di SMAN 1 Tarutung, thit = -2,76 di SMAS St. Maria Tarutung, thit = 2,5, sehingga Ha diterima yang berarti ada perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa. Data hubungan antara peningkatan motivasi belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa di SMAN 1 Tarutung pada kelas eksperimen I rhit = 0,074 dan kelas eksperimen II rhit = -0,15; SMAS St. Maria Tarutung pada kelas eksperimen I rhit = -0,24 dan pada kelas eksperimen II rhit = 0,15; dan di SMAS HKBP 2 Tarutung kelas eksperimen I rhit = -0,1 dan kelas eksperimen II rhit = 0,14 sehingga Ha ditolak yang berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara peningkatan motivasi dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 201 |
Keywords: | Problem Based Learning; peta konsep; animasi kompuer; motivasi;hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:26 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26878 |