Dana, Regyna Tri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331003 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 4133331003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
3. NIM 4133331003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM 4133331003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM 4133331003 TBLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4133331003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4133331003 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4133331003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 4133331003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 4133331003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 4133331003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan media kartu soal dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan konsep mol. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik penentuan sampel (purposive sampling) yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan media kartu soal dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 31,66 dan postest adalah 71,33. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol adalah 33,50 dan postest adalah 65. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (4,33 > 1,6723), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan media kartu soal memberikan hasil belajar siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Rata-rata gain hasil belajar kelas eksperimen 58,5% ± 0,123 dan kelas kontrol 47,7% ± 0,105.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 212 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, KARTU SOAL, KONSEP MOL, KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:20 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26869 |