PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Sihombing, Harmalina (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133331052 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133331052 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133331052 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133331052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133331052 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133331052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133331052 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133331052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133331052 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133331052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133331052 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133331052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133331052 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133331052 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133331052 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133331052 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133331052 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133331052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133331052 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133331052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133331052 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133331052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran pada model PBL (Problem Based Learning) dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam, juga interaksi antara media pembelajaran pada model PBL dan kreativitas. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sunggal T. A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis ekperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Pengambilan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel (0,929). Data untuk kreativitas siswa diperoleh menggunakan instrumen angket kreativitas yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran pada model PBL terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 13,207 > 4,01, terdapat pengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 13,723 > 4,01, dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 10,248 > 4,01.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 236
Keywords: hasil belajar, kreativitas, laboratorium virtual, laboratorium real, model problem based learning
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:13
Last Modified: 30 Oct 2017 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26845

Actions (login required)

View Item
View Item