Khairiah, Syafirah (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI BENZENA DAN TURUNANNYA DISEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331082 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 4133331082 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM 4133331082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM 4133331082 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM 413333082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6.NIM 4133331082 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM 4133331082 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM 4133331082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. NIM 4133331082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. NIM 4133331082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM 4133331082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi benzena
dan turunannya pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan
Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi
kriteria BSNP; 3) implementasi model pembelajaran berbasis masalah yang
didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4)
hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungbalai. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI
MIA yang terdiri dari 5 (lima) kelas, seluruh dosen kimia organik di universitas
negeri medan yaitu terdiri dari 6 (enam) orang dan 4 (empat) orang guru kimia
SMAN 1 Tanjungbalai. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling
dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada materi benzena
dan turunannya pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria
BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2) modul yang
dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu kelayakan isi
= 3,44; kelayakan bahasa = 3,50; kelayakan penyajian = 3,60; kelayakan
kegrafikaan = 3,55 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi
model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 81%; (4) hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih
besar dari harga KKM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 243 |
Keywords: | RESEARCH AND DEVELOPMENT, MODUL, BNSP, PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:10 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26838 |