Sinaga, Tiurma (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KELAS MELAKSANAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DI SD RK SETIA BUDI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156131010 COVER.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
2. NIM. 8156131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 8156131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM. 8156131010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 8156131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 8156131010 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 8156131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 8156131010 APENDICES.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
9. NIM. 8166131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM. 8156131010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM. 8156131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru kelas melaksanakan model pembelajaran PAIKEM melalui penerapan supervisi klinis di SD RK Setia Budi Medan. Penelitian merupakan penelitian tindakan sekolah dengan sampel 10 orang yang ditetapkan berdasarkan teknik purposive sampling. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan guru kelas menerapkan model PAIKEM melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan kegiatan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dengan menggunakan beberapa instrumen. Penelitian menghasilkan kesimpulan yaitu: (1) Keadaan pra siklus menunjukkan bahwa guru pada umumnya belum menerapkan pembelajaran model PAIKEM. Kemampuan guru mempersiapkan pembelajaran model PAIKEM meningkat secara signifikan setelah dilakukan revisi RPP dengan skor rata-rata 90,2 (amat baik). (2) Pada siklus pertama skor kemampuan guru menerapkan pembelajaran model PAIKEM adalah 52,22 (amat kurang). Suasana perilaku aktifitas siswa rata-rata skor 65 (kategori kurang). (3) Pada siklus kedua skor rata-rata ketercapaian seluruh guru menerapkan model PAIKEM sangat meningkat yakni 95,46 (amat baik). Suasana pembelajaran juga mengalami perubahan dengan skor rata-rata aktifitas siswa adalah 91,67 (amat baik). Hasil temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan guru kelas melaksanakan model pembelajaran PAIKEM dapat ditingkatkan melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sin p |
Keywords: | Kemampuan Guru Kelas; Model Pembelajaran PAIKEM; Supervisi Klinis; Pendekatan Kolaboratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 15:23 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26813 |