Hanum, Novita (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DI KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181019 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 8156181019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3. NIM. 8156181019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
4. NIM. 8156181019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM. 8156181019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 81561810191 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 8156181019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 8156181019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 8156181019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM. 8156181019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM. 8156181019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk modul llmu Pengetahuan Sosial berbasis sejarah lokal yang valid dengan tuntutan kurikulum maupun konteks lokal dan mengetahui keefektifan produk modul yang dikembangkan tersebut. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD
Negeri Ajee Rayeuk, SD Negeri Meunasah Tutong, SD Negeri 1 Pagar Air dan SD Negeri Lamsayeun. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick & Carey yang dimodifikasi dengan model pengembangan Borg and Gall
Prosedur penelitian meliputi 3 tahap, yaitu : (1) identifikasi masalah, (2) perancangan, dan (3) penyebaran, Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk
modul yang dikembangkan sudah valid dengan melalui beberapa tahapan revisi Hasil penelitian menunjukkan : (1) ahli tata bahasa berada pada kualifikasi sangat
valid (86%), (2) ahli materi berada pada kualifikasi sangat valid (88%), (3) ahli penyajian berada pada kualifikasi sangat valid (98%), penilaian praktisi I berada pada kualifikasi sangat valid (86%), penilaian praktisi n berada pada kualifikasi sangat valid (88%), penilaian praktisi JII berada pada kualifikasi sangat valid (88%), dan penilaian praktisi IV berada pada kualifikasi sangat valid (97%) Dari semua penilaian vaJidator dan praktisi didapatkan kualifikasi sangat valid dengan nilai rata-rata sebesar (90,14%) Untuk keefektifan produk modul diujicobakan kepada peserta didik, berikut basil perolehan persentase klasikal dari hasil belajar peserta didik (I) fase one to one 66,6%, (2) small group 71,42%. dan (3) uji coba Japangan 87,5%. Berdasarkan uji coba tersebut, pada pertemuan ketiga produk sudah memenuhi keefektifan produk modul yaitu peserta didik mmimal mencapai ketuntasan klasikal scbesar 80%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.9 Han p |
Keywords: | Pengembangan; Modul; IPS; Sejarah lokal |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 15:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26812 |