Kistian, Agus (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 18 BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182003 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2 NIM. 8156182003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3 NIM. 8156182003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4 NIM. 8156182003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5 NIM. 8156182003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6 NIM. 8156182003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7 NIM. 8156182003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 NIM. 8156182003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9 NIM. 8156182003 BAB I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13 NIM. 8156182003 BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14 NIM. 8156182003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh metode pembelajaran discovery terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Pengaruh motivasi terhadap
hasil belajar matematika siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran discovery dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode pembelajaran discovery dan kelas control diberi perlakuan metode pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar matematika dalam bentuk soal uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil dari penelitian ini diperoleh rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran discovery yaitu 82,22 sedangkan rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran ekspositori yaitu 70,15. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Ekspositori, hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Kis p |
Keywords: | Discovery; Motivasi belajar; Hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 15:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26811 |