Wirda (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD 060856 KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156181051 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2 NIM. 8156181051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3 NIM. 8156181051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4 NIM. 8156181051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5 NIM. 8156181051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6 NIM. 8156181051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM. 8156181051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 8156181051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9 NIM. 8156181051 BAB I.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13 NIM. 8156181051 BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14 NIM. 8156181051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran TTW terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri No.060856 Kota Medan, (2) pengaruh penggunaan
metode pembelajaran TTW terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDNegeri No.060856 Kota Medan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 060856 Kota Medan. TP. 2016/2017terdiri 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas sampel yaitu kelas V-A = 30 menggunakan metode
TTW dan kelas V-B = 30 siswa menggunakan strategi konvensional. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif digunakan tes dan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan perbandingan rata-rata dua kelompok sampel. Hasil penelitian yaitu (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari hasil perhitungan uji hipotesis pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui bahwa rata-rata skor pada metode TTW yaitu 80,67dan pada kelas konvensional skor rata-rata 68,97. Dengan demikian pelaksanaan metode pembelajaran TTW dan konvensional berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif siswa mempunyai skor thitung(4,506)>ttabel(2,000) dan sig.2-tailed (0,000)<α=0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dikemukakan kesimpulan bahwa kedua kelas memiliki skor rata-yang tidak sama atau berbeda. (2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa diketahui bahwa rata-rata skor pada
metode TTW yaitu 90,93 dan pada kelas konvensional skor rata-rata 78,17. Perbandingan kedua data aktivitas belajar siswa mempunyai skor thitung(4,641)>ttabel(2,00) dan sig.2-tailed (0,000)<α=0,05. Berdasarkan hasil
perhitungan tersebut dapat dikemukakan kesimpulan bahwa kedua kelas memiliki rata-rata aktivitas belajar tidak sama atau berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Wir p |
Keywords: | Metode TTW; Berpikir Kreatif; Aktivitas Belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 14:54 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26809 |