Dahnial, Irfan (2017) ANALISIS KOMPETENSI GURU PKN DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SEKECAMATAN STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182024 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 8156182024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 8156182024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8156182024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 8156182024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 8156182024 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8156182024 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156182024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8156182024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 8156182024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM. 8156182024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. NIM. 8156182024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya kompetensi guru PKn dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Kecamatan Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian metode campuran. Subjek penelitian ini adalah 16 guru PKn di SMP Negeri Kecamatan Stabat. Instrumen yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyebab kompetensi guru PKn rendah dalam menerapkan Kurikulum 2013, yaitu: belum terpenuhinya semua indikator pada setiap kompetensi dengan kriteria baik, sarana dan prasarana dalam menerapkan Kurikulum 2013 di sekolah belum sepenuhnya memadai, dan banyaknya kriteria yang harus dipenuhi dalam pembuatan perangkat pembelajaran sehingga sulit untuk dikerjakan; (2) Cara mengatasi rendahnya kompetensi guru PKn dalam menerapkan Kurikulum 2013, yaitu: mencapai empat kompetensi yang dilakukan dengan latihan dan meningkatkan indikator yang tidak mencapai kriteria baik, melakukan pelatihan atau MGMP agar pembuatan perangkat pembelajaran lebih sesuai dengan PKn, sosialisasi Kurikulum 2013 agar guru lebih paham mengenai Kurikulum 2013, dan dibutuhkannya peningkatan kesejahteraan kehidupan guru, khususnya guru yang berstatus non PNS; dan (3) Kompetensi yang paling dibutuhkan guru PKn dalam menerapkan Kurikulum 2013 adalah kompetensi profesional atau civic disposition dalam pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Dah a |
Keywords: | Kompetensi; Guru; PKN; Kurikulum |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 14:43 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26808 |