Mustafa (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172026 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 8156172026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 8156172026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 8156172026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 8156172026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 8156172026 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 8156172026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM. 8156172026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
12. NIM. 8156172026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13. NIM. 8156172026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 4) peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, dan 5) mengidentifikasi level kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan hasil tes kemampuan metakognisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, buku petunjuk guru, dan buku siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 di SMP Negeri 17 Medan. Dari hasil uji coba I uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas konstruk. 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari: a) penilaian validator, b) wawancara respon siswa, c) wawancara respon guru, dan d) keterlaksanaan perangkat pembelajaran. 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan hasil belajar secara klasikal, b) aktivitas siswa, dan c) respon positif siswa, 4) terdapat peningkatan kemampuan metakognisis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan 5) level metakognisi siswa dalam memecahkan masalah hanya memenuhi level kemampuan strategic use, aware use, dan tacit use.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Mus p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Model pengembangan dick and carey; Kemampuan metakognisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:59 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26799 |