Rizqi, Nur Rahmi (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP SABILINA TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171056 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 8156171056 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
3. NIM. 8156171056 Abstract.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM. 8156171056 Preface.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM. 8156171056 Table Of Content.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 8156171056 Tables.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 8156171056 Illustration.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM. 8156171056 Chapter I.pdf - Published Version
Download (988kB) | Preview
12. NIM. 8156171056 Chapter V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 8156171056 Bibliography.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional siswa, (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif yang telah dikembangkan, dan (3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif yang telah dikembangkan. Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif ini menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 dan VIII-8 SMP Sabilina Tembung. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) Validitas bahan ajar menurut tim ahli adalah valid, kepraktisan bahan ajar telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a) validator menyatakan bahan ajar dapat digunakan dengan revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan bahan ajar telah dapat dikatakan baik, dan keefektifan bahan ajar telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen bahan ajar dan kegiatan pembelajaran positif. (2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada posttes ujicoba I dan ujicoba II sebesar 4 point, dan (3) terdapat peningkatan rata-rata kecerdasan emosional siswa pada angket ujicoba I dan ujicoba II sebesar 3,3 point.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Riz p |
Keywords: | Bahan Ajar; Model Pengembangan 4-D; Pendekatan Metakognitif; Penalaran Matematis; Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26794 |