Suryansyah, Agus (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI SUPERVISI DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY DI SMK NEGERI 1 NAGAN RAYA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132054 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM. 8156132054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 8156132054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8156132054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 8156132054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. NIM. 8156132054 TABLES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
7. NIM. 8156132054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM. 8156132054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8156132054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM. 8156132054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8156132054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru produktif dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif melalui supervisi dengan pendekatan lesson study di SMK Negeri 1 Nagan Raya. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dari bulan Mei sampai bulan Juli tahun 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru produktif SMK dan satu orang pengawas sekolah. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Peneliti menggunakan model penelitian Kemmis & Mc. Taggart yang dirancang dengan proses siklus. Hasil yang dapat diambil yaitu berdasarkan hasil pada siklus I diperoleh 4 orang guru (65%) yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berkategori cukup terampil, 2 orang guru (35%) yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif sudah mencapai kategori baik atau terampil. Nilai rata-rata kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif adalah 77,34 % (cukup). Sedangkan hasil pada siklus II, diperoleh sebesar 6 orang guru (100%) yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif dengan kategori baik (terampil). Nilai rata-rata kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif adalah 84,11 % (baik). Dengan demikian penerapan supervisi dengan pendekatan lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru produktif dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif di SMK Negeri 1 Nagan Raya yang dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sur p |
Keywords: | Keterampilan Guru; Multimedia Interaktif; Lesson Study |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:33 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26784 |