Sujarwo, Anton (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU KELAS X RUMPUN ILMU-ILMU SOSIAL MELALUI SUPERVISI KLINIS PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156132057 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8156132057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM 8156132057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 8156132057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM 8156132057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 8156132057 TABLE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM 8156132057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM 8156132057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM 8156132057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
13. NIM 8156132057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM 8156132057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimanakah bentuk peningkatan keterampilan dasar mengajar guru kelas X rumpun ilmu-ilmu sosial di SMA Negeri 1 Sultan Daulat Kota Subulussalam melalui Supervisi Klinis dengan pendekatan Kolaboratif, (2) bagaimanakah proses supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif yang dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru kelas X rumpun Ilmu-ilmu sosial SMA Negeri 1 Sultan Daulat Kota Subulussalam. Metode penelitian ini adalah kualitatif atau penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian adalah guru kelas X rumpun ilmu-ilmu sosial SMA Negeri 1 Sultan Daulat Kota Subulussalam sebanyak 5 (lima) orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen lembar observasi penilaian penerapan keterampilan dasar mengajar guru yang terdiri atas Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memberi penguatan dan keterampilan mengadakan variasi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pelaksanaan supervisi klinis pendekatan kolaboratif di SMA Negeri 1 Sultan Daulat Kota Subulussalam diketahui: (1) Bentuk peningkatan keterampilan dasar mengajar guru (keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memberikan penguatan dan keterampilan mengadakan variasi melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif di kelas X rumpun Ilmu-ilmu sosial SMA Negeri 1 Sultan Daulat mengalami kenaikan nilai rata-rata dari prasiklus yaitu 46,71 dalam kategori sangat kurang, siklus I sebesar 70,02 berada dalam kategori cukup dan siklus II sebesar 86,79 berada dalam kategori baik. (2) Proses supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif yang dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru kelas X rumpun Ilmu-ilmu sosial SMA Negeri 1 Sultan Daulat Kota Subulussalam adalah supervisi klinis dengan modifikasi FGD sebagai wadah dalam pemecahan masalah guru yang dilakukan dengan 3 (tiga) tahap kegiatan yakni tahap pertemuan awal, tahap pengamatan guru mengajar serta tahap analisis hasil pengamatan dan tindak lanjut, dimana perilaku supervisor dalam pendekatan kolaboratif seperti: menyajikan, menjelaskan, mendengarkan, memecahkan masalah, negosiasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Suj p |
Keywords: | Keterampilan dasar mengajar guru; Supervisi klinis; Pendekatan kolaboratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:33 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26783 |