Sucippitari, Rayi (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 02 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM8156182070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
RAYI SUCIPPITARI NIM 8156182070 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar IPA berbasis literasi sains yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 02 Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah buku ajar IPA berbasis literasi sains. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi buku ajar, lembar validasi tes hasil belajar, dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi, ahli literasi sains, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran, menyatakan bahwa buku ajar IPA berbasis literasi sains yang dikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid; (2) berdasarkan penilaian masing-masing validator ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku ajar IPA berbasis literasi sains yang dikembangkan sudah memenuhi standar berdasarkan BSNP; (3) perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan buku ajar IPA berbasis literasi sains lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan buku teks; (4) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan buku ajar IPA berbasis literasi sains lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan buku teks
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Suc p |
Keywords: | Buku ajar; Literasi sains; Model pengembangan ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:33 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26782 |