Simanullang, Marlina hotmauli (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK BM SINAR HUSNI HELVETIA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142020_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 7131142020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM. 7131142020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM. 7131142020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 7131142020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 7131142020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM. 7131142020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7131142020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 7131142020_BAB I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM. 7131142020_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 7131142020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa
yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 7Elebih tinggi dibanding
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan yangmetode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK BM Sinar husni Helvetia
T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan pada SMK BM Sinar husni Helvetia yang
beralamat di Jln. Veteran, Gg.Utama pasar V, Helvetia, Deli serdang Kota
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 3 kelas
dengan jumlah 112 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini adalah purposive sampling kemudian diambil secara acak dengan
menggunakan rumus slovin dimana kelas XI Akuntansi 1sebanyak 30 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi 2 sebanyak 34 siswa sebagai
kelas kontrol, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 64 siswa.
Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes
pilihan berganda sebanyak 20 item.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas
eksperimen = 62,83 dengan standar deviasi = 8,37 dan nilai rata-rata post-test
siswa = 83,33 dengan standar deviasi = 7,23. Sedangkan nilai rata-rata pre-test
siswa kelas kontrol = 62,35 dengan standar deviasi = 10,24 dan nilai posttest
siswa = 72,5 dengan standar deviasi = 7,09. Dari hasil pengujian hipotesis
diperoleh thitung(6,30)> ttabel(1,66), yang berarti hipotesis diterima, yaitu hasil
belajar akuntansi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning
Cycle 7E secara signifikan lebih besar dari yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI Akuntansi di SMK BM Sinar husni Helvetia T.P 2017/2018 pada
pokok bahasan kas kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 155 |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cycle 7E; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:45 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 06:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26764 |