Amalia, Cici (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142007_COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 7131142007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM. 7131142007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 7131142007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 7131142007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 7131142007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 7131142007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7131142007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 7131142007_BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 7131142007_BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 7131142007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII AK SMK Swasta Harapan Stabat. Tujuan dalam penelitian ini
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran
Discovery Learning dengan pendekatan Scientific lebih tinggi dibanding hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan
pendekatan scientific siswa kelas XII AK Di SMK Swasta Harapan Stabat Tahun
Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat T.P 2017/2018
yang beralamat di Jln. Letjend. S Parman No. 5 Stabat. Jenis penelitian adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII AK SMK Swasta Harapan Stabat T.P 2017/2018 yang berjumlah 58 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan secara acak (simple random sampling) dengan
teknik undian yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing
berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Test yang
diberikan berupa tes yang baku yang dikutip peneliti dari buku pelajaran sehingga
validitas dan reliabilitasnya sudah teruji. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji
homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α=
0,05.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan posttest
yaitu 57,2 dan 82,6 dengan standar deviasi 10,21 dan 10,31. Sedangkan pada
kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 57,6 dan 74,4 dengan
standar deviasi 11,37 dan 11,39. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang
dilakukan diperoleh thitung = 2,67 dan ttabel = 1,676. Dengan membandingkan kedua
nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,67 > 1,676. Melalui
kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka
hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan
pendekatan scientific lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional dengan
pendekatan scientific pada siswa kelas XII AK SMK Swasta Harapan Stabat T.P
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 156 |
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning; Pendekatan Scientific; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:45 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 06:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26763 |