Sipayung, Roinca R. (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SOS SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342053_COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 7133342053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 7133342053_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. NIM. 7133342053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 7133342053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 7133342053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 7133342053_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 7133342053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 7133342053_BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 7133342053_BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 7133342053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI SOS SMA Negeri 2 Pangururan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan strategi
pembelajaran active knowledge sharing lebih tinggi daripada hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional
pada siswa kelas XI SOS di SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pangururan yang berlokasi di
Jalan Pangururan-Tomok Kec.Pangururan pada tahun pembelajaran 2016/2017
dengan jumlah populasi 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 30 siswa dan
kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5
opsi yang dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan realibilitasnya telah
teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai
mean dan standar deviasi.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas
eksperimen 87,83 dengan standar deviasi 7,15 dan nilai mean tes hasil belajar
siswa kelas kontrol 78,83 dengan standar deviasi 7,032. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa thitung = 4,92 dan setelah dibandingkan dengan harga ttabel =
1,671 ternyata thitung> ttabel (4,92 > 1,671).
Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SOS SMA
Negeri 2 Pangururan pada Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 142 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Metode Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26759 |