Kesuma, Rima Suhwa (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DOUBLE-LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAL UIN SUMATERA UTARA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142038_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 7131142038_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 7131142038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 7131142038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 7131142038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 7131142038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 7131142038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7131142038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM. 7131142038_BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 7131142038_BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 7131142038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi
yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Double-Loop Problem Solving lebih
tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas XII IPS MAL UIN Sumatera Utara Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di MAL UIN Sumatera Utara Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS MAL UIN Sumatera
Utara Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 68 orang siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive random
sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol masing-masing berjumlah
34 orang sehingga menjadi 68 orang, dari 68 orang siswa diambil sampel yaitu 60
orang siswa yaitu masing-masing kelas diambil 30 orang. Instrumen pengumpulan
data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji
normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan
pendekatan pembelajaran Double-Loop Problem Solving lebih tinggi dari hasil
belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional. Dari
pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95%
pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,140 > 1,671),
berarti H0 ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Double-
Loop Problem Solving lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa
kelas XII IPS MAL UIN Sumatera Utara Medan Tahun Pembelajaran 2017/208.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 143 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Double-Loop Problem Solving ; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 05:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26758 |