Padang, Eli Jerissa (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TINADA KABUPATEN PAKPAK BHARAT T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142013_COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 7131142013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM. 7131142013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM. 7131142013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 7131142013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 7131142013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 7131142013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM. 7131142013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7131142013_BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 7131142013_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 7131142013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
aktivitas dan hasil belajar akuntansi setelah diterapkan model pembelajaran
Problem Based Learning siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tinada T.P
2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tinada. Subjek penelitian ini
adalah seluruh Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tinada T.P 2016/2017 yang
berjumlah 28 orang siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian
ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa
pada siklus I yaitu 1 orang siswa (3,57%) tergolong tidak aktif, 4 orang siswa
(14,28%) tergolong kurang aktif, 8 orang siswa (28,57%) tergolong cukup aktif,
13 orang siswa (46,42%) tergolong aktif, 2 orang siswa (7,14%) tergolong sangat
aktif, dan keaktifan klasikalnya yaitu 15 orang siswa (53,57%). Sedangkan pada
siklus II yaitu 0 orang siswa (0,0%) tergolong tidak aktif, 2 orang siswa (7,14%)
tergolong kurang aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong cukup aktif, 18 orang
siswa (64,28%) tergolong aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong sangat aktif,
dan keaktifan klasikalnya yaitu 22 orang siswa (78,57%). Ini menunjukkan bahwa
adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan tes
hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 15 siswa (53,57%)
dengan nilai rata-rata 74,82. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa (85,71%)
dengan nilai ratas-rata 90,89.
Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi mengalami
peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning
berbasis pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tinada T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 144 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26757 |