Sinaga, Deby Lusyana (2017) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN EXPOSITORY DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA METHODIST-7 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342014_COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 7133342014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM. 7133342014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 7133342014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 7133342014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7. NIM. 7133342014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7133342014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7133342014_BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 7133342014_BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 7133342014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan
hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Swasta Methodist-7 Medan
melalui penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Expository dan strategi
pembelajaran Tipe Quiz Team.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Methodist-7 Medan yang
beralamat di jalan Madong Lubis No 7 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 39 orang. Dalam penelitian tindakan
kelas ini digunakan 2 siklus, dimana dalam tiap siklusnya terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk
melihat aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data
kualitatif dan data kuantitaif.
Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I keaktifan siswa secara
klasikal sebesar 51,3% (20 siswa). Sedangkan pada siklus II, keaktifan siswa
secara klasikal meningkat menjadi 82,05% (32 Siswa), hasil ini telah memenuhi
indikator keberhasilan aktivitas belajar yakni siswa dalam kelas telah
mencapai kategori aktif. Hasil Pretest diperoleh 15,4% (6 Siswa) yang tuntas.
Pada postest siklus I diperoleh 56,4% (22 Siswa) yang tuntas. Pada postest siklus
II meningkat menjadi 89,7% (35 Siswa) yang tuntas. Hasil postest siklus II telah
memenuhi indikator keberhasilan hasil belajar yakni siswa dalam kelas
telah mencapai daya serap . Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi
strategi pembelajaran Expository dan strategi pembelajaran Tipe Quiz Team dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA
Swasta Methodist-7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi pokok
mengelola bukti transaksi dan jurnal umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 145 |
Keywords: | Aktivitas belajar ; Hasil belajar ; Strategi pembelajaran Expository dan Strategi Pembelajaran Tipe Quiz Team |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26756 |